DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA, 17 AGUSTUS 1945-17 AGUSTUS 2016
Home » , , » ITM dan Alumninya bekerjasama dalam menyusun Kurikulum

ITM dan Alumninya bekerjasama dalam menyusun Kurikulum

Written By Unknown on Senin, 15 Februari 2016 | 06.11

Pertemuan Alumni ITM dengan Dosen Teknik Industri ITM
13 Februari 2016

Alumni diwakili oleh :
Ir.Suparno (Teknik Industri '89), Syafruddin, ST (Teknik Industri 91) dan Doni Hasibuan ST, MT (Teknik Industri 2006)
Ir.Suparno dan Doni Hasibuan ST, MT 

Materi Pertemuan :
Pembahasan penyusunan Kurikulum Jurusan Teknik Industri ITM

Tujuan :

Alumni Jurusan Teknik Industri ITM akan memiliki sertifikasi Kompetensi, agar para alumni Teknik Indutri ITM mampu berkompetisi di lapangan kerja





Catatan : Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITM, Jurusan Teknik Industri dengan status terakreditasi. Pada tahun 1985/1986 di ITM dibuka Jurusan Teknik Industri di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri dengan Status Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0482/0/86 pada tanggal 19 Juli 1986.


JURUSAN TEKNIK INDUSTRI ITM


VISI : " Menjadikan Jurusan Teknik Industri yang terdepan sehingga menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dalam bidang IPTEK di era globalisasi"
MISI :
  • Menyelengarakan sistem internal jurusan yang berkualitas.
  • Membangun kerjasama dengan dunia usaha, lembaga pendidikan dan masyarakat luas.
  • Memberikan pendidikan dengan kurikulum yang berorientasi ke depan untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif.
Ketua Jurusan : Ir. Sutrisno
Sekretaris        : Ir. Juarni, MT.

Teknik Industri merupakan salah satu disiplin ilmu yang kurang mendapat perhatian di negara - negara berkembang tetapi di negara - negara Industri maju. Walaupun disiplin ilmu ini masih relatif baru telah mendapat tempat terhormat sebagai ilmu yang sangat membantu dalam pemecahan masalah khususnya yang berhubungan dengan perancangan metode dan sistem dalam upaya peningkatan produktifitas dan efisiensi.

Kini bidang Teknik Industri telah berkembang jauh lebih luas dari keadaan sebelumnya yang hanya bertitik berat pada peningkatan produktifitas tenaga kerja. Ruang lingkup teknik industri telah mencangkup perancangan sistem kompleks (Complex system design) yaitu sistem industrial (Industrial System). Suatau keunikan dari disiplin ilmu teknik industri dibandingkan dengan disiplin ilmu teknik lainnya adalah luas disiplin ilmu yang mencangkup dalam pendekatan teknik industri yaitu kombinasi dasar - dasar rekayasa (engineering fundamentalis) dengan matematika, metode statistika, psikologi, sosiologi dan ekonomi dalam pembuatan rancangan industrial system complex (Ureson, W. G. 1980)

Jurusan Teknik Industri di ITM dibuka pada tahun 1985 dengan SK Mendikbud RI No. 0482/0/86, tanggal 19 Juli 1986, dan sampai Desember 2011 telah menghasilkan lulusan sebanyak 1322 alumni. Kurikulum yang digunakan mengacu pada kurikulum Nasional dan Hasil Musyawarah Badan Industri (BKSTI) dengan beban 144 SKS dengan matakuliah muatan lokal berbasis Industri perkebunan Sumatera Utara dan rekayasa rancagan bangun pabriknya.

Jurusan Teknik Industri ITM terakreditasi BAN PT sesuai SK No. 040/BAN-PT/Ak-12/S1/1/2010. Untuk mendukung perkembangan ilmu & teknologi yang cepat, jurusan Teknik Industri ITM mengadakan Kuliah Umum secara periodik dengan nara sumber Praktisi Industri maupun para pakar dan guru besar dari PTN dari Sumatera maupun dari Jawa. 




TEKNIK INDUSTRI ITM siap dalam Persaingan GLOBAL



WORKSHOP 
PENYESUAIAN KURIKULUM TEKNIK INDUSTRI
Sabtu, 20 Februari 2016

ENGINEERING-PROCUREMENT-CONSTRUCTION 
BOILER DAN BEJANA TEKAN

Peserta : Dosen Teknik Industri dan Teknik Mesin ITM

Pembicara : Ir.Suparno
(Alumni ITM'89, Direktur Teknik PT.TRIASH ARTHA DINAMIKA ABADI)


Certified :

Welding inspector B4T Bandung, EN 12952, EN 719, 729, ASME BOILER AND VESSEL ENGINEER CHENNAI, INDIA, QMS ISO SERIES PE LEAD AUDITOR LONDON

Profile

Materi Workshop dapat di download di sini (Klik untuk membuka)



Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. No Spam

 
Support : ITM | PAITM | Paguyuban Alumni ITM
Copyright © 2015. PAITM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger